Oleh: Novin Farid SW, S.SOS
- RATING
- A rating is the percent of households tune to a particular program from the total available tv households in a designated area.
- Rating adalah besarnya persentase rumah tangga pemilik tv yang menonton acara tertentu dari seluruh pemilik tv di daerah tertentu
RUMUS
- AUDIENCE
RATING (%) = —————– x 100%
UNIVERSE
Atau
Jumlah rumah yg menangkap acara di suatu stasiun
- RATING = -------------------------------------------------------------------------- x 100%
Jumlah rumah keseluruhan
Contoh :
Pemilik tv (universe) : 2800 rumah tangga
Yang menonton program “a” (audience) : 500 rt
Yang menonton program “b” (audience): 300 rt
Yang menonton program “a” (audience) : 500 rt
Yang menonton program “b” (audience): 300 rt
RATING PROGRAM “A”
500
___________ x 100 % = 17,86 % = 18
2800
( Penulisan rating cukup angka saja atau tanpa “%” )
( Penulisan rating cukup angka saja atau tanpa “%” )
RATING PROGRAM “B”
300
_________ x 100 % = 10.71 % = 11
2800
- SHARE
- A share is the percentage of tv households with sets turned on that are watching your program.
- Share adalah besarnya prosentase dari rumah tangga yang menonton acara dibandingkan dengan seluruh rumah tangga yang menghidupkan (turned on) tv nya.
RUMUS
- CHANNEL AUDIENCE
SHARE (%) = ———————– X 100%
TOTAL AUDIENCE
atau
Jumlah rumah yang menagkap acara di suatu stasiun tertentu
SHARE : ----------------------------------------------------------------------------- X 100%
Jumlah rumah yang menghidupkan TV
Contoh:
SHARE PROGRAM “A”
500
Share= ------------- x 100% = 31
1600
SHARE PROGRAM “B”
300
Share= ------------- x 100% = 19
1600
- HUT (HOME USING TELEVISION)
- Presentage of Home Using Television at given at day.
RUMUS
Jumlah Rumah Yang Menghidupkan Tv
- HUT : ------------------------------------------------------------------ X 100%
Jumlah Rumah Keseluruhan
1600
HUT= ------------- x 100% = 57
2800
- PUT (PEOPLE USING TELEVISION)
- Presentasi jumlah orang yang menggunakan TV dalam suatu waktu dan tempat secara keseluruhan
RUMUS
Jumlah orang dalam rumah yang menghidupkan televisi
- PUT = -------------------------------------------------------------------------- x 100 %
Jumlah orang dalam rumah keseluruhan
- Variabel PUT ini sangat bervariasi tergantung pada waktu siaran, Usia dan Jenis kelamin.
- CPM
- CPM = cost per thousand (not million) To determine cpm you divide the cost of advertising by total number people reached by the advertisement (in thousand).
- Contoh : Biaya pemasangan spot iklan pada Stasiun TV : Rp15.000.000,- Dapat mencapai : 75.000.000,- pemirsa, maka :
- CPM : 15.000.000 : 75.000.000 = Rp200,-
( tiga nol diwarnai merah atau dicoret karena perhitungan CPM dalam ribuan).
TIPE RATING :
- Average rating : (PM & diary)
- Program rating : (PM & diary)
- Commercial break rating : (people meter)
- Minute by minute rating : (people meter)
YANG MEMPENGARUHI RATING a.l.:
- Programming ( isi & durasi)
- Opposition programs (kompetitor)
- Scheduling (jam tayang)
- Incidental moments ( kontekstual)
- Reception quality (mutu penerimaan signal).
- Promotion (promosi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar