Senin, 08 Juni 2009

RATING, SHARE, HUT, PUT, CPM


Oleh: Novin Farid SW, S.SOS

  1. RATING
  • A rating is the percent of households tune to a particular program from the total available tv households in a designated area.
  • Rating adalah besarnya persentase rumah tangga pemilik tv yang menonton acara tertentu dari seluruh pemilik tv di daerah tertentu


RUMUS

  • AUDIENCE
    RATING (%) = —————– x 100%
    UNIVERSE

Atau

Jumlah rumah yg menangkap acara di suatu stasiun
  • RATING = -------------------------------------------------------------------------- x 100%
Jumlah rumah keseluruhan
Contoh : Pemilik tv (universe) : 2800 rumah tangga
Yang menonton program “a” (audience) :
500 rt
Yang menonton program “b” (audience):
300 rt
RATING PROGRAM “A”
500
___________ x 100 % = 17,86 % = 18
2800
( Penulisan rating cukup angka saja atau tanpa “%” )
RATING PROGRAM “B”
300
_________ x 100 % = 10.71 % = 11
2800
  1. SHARE
  • A share is the percentage of tv households with sets turned on that are watching your program.
  • Share adalah besarnya prosentase dari rumah tangga yang menonton acara dibandingkan dengan seluruh rumah tangga yang menghidupkan (turned on) tv nya.

RUMUS

  • CHANNEL AUDIENCE
    SHARE (%) = ———————– X 100%
    TOTAL AUDIENCE

atau
Jumlah rumah yang menagkap acara di suatu stasiun tertentu
SHARE : ----------------------------------------------------------------------------- X 100%
Jumlah rumah yang menghidupkan TV

Contoh: SHARE PROGRAM “A”
500
Share= ------------- x 100% = 31
1600
SHARE PROGRAM “B”
300
Share= ------------- x 100% = 19
1600


  1. HUT (HOME USING TELEVISION)
  • Presentage of Home Using Television at given at day.
RUMUS
Jumlah Rumah Yang Menghidupkan Tv
  • HUT : ------------------------------------------------------------------ X 100%
Jumlah Rumah Keseluruhan
1600
HUT= ------------- x 100% = 57
2800


  1. PUT (PEOPLE USING TELEVISION)
  • Presentasi jumlah orang yang menggunakan TV dalam suatu waktu dan tempat secara keseluruhan
RUMUS
Jumlah orang dalam rumah yang menghidupkan televisi
  • PUT = -------------------------------------------------------------------------- x 100 %
Jumlah orang dalam rumah keseluruhan

  • Variabel PUT ini sangat bervariasi tergantung pada waktu siaran, Usia dan Jenis kelamin.
  1. CPM
  • CPM = cost per thousand (not million) To determine cpm you divide the cost of advertising by total number people reached by the advertisement (in thousand).
  • Contoh : Biaya pemasangan spot iklan pada Stasiun TV : Rp15.000.000,- Dapat mencapai : 75.000.000,- pemirsa, maka :

  • CPM : 15.000.000 : 75.000.000 = Rp200,-
( tiga nol diwarnai merah atau dicoret karena perhitungan CPM dalam ribuan).

TIPE RATING :
  • Average rating : (PM & diary)
  • Program rating : (PM & diary)
  • Commercial break rating : (people meter)
  • Minute by minute rating : (people meter)


YANG MEMPENGARUHI RATING a.l.:
  • Programming ( isi & durasi)
  • Opposition programs (kompetitor)
  • Scheduling (jam tayang)
  • Incidental moments ( kontekstual)
  • Reception quality (mutu penerimaan signal).
  • Promotion (promosi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar